Rabu, 03 November 2010

PERAN ANGKUTAN UMUM SAAT INI

Angkutan umum berfungsi sebagai sarana transportasi alternatif pada kota-kota besar maupun kecil. Banyak sekali macam dan jenis angkutan umum yang masih di pertahankan di suatu kota, seperti bajai, walaupun angkutan tersebut sudah jarang di temui di perkotaan, namun kendaraan tersebut masih beroperasi pada pinggiran kota, khususnya Jakarta. Ataupun pada pedesaan masih terdapat becak, delman, dan alternatif kendaraan lainnya. Tidak bisa di pungkiri masih ada beberapa masyarakat yang masih membutuhkan transportasi tradisional tersebut.

Mayoritas penduduk di perkotaan maupun pedesaan, sudah memiliki kendaraan pribadi yang setia mengantarkan mereka ke tempat-tempat yang di inginkan. Sehingga kebanyakan dari angkutan umum yang ada sudah tidak di gunakan secara mayoritas lagi, disamping dengan berbagai alasan mantan pengguna angkutan umum, seperti sudah tidak nyaman dan amannya kendaraan umum yang tersedia maupun sarana dan prasarananya, kemudian pengiritan biaya juga praktisnya perjalanan mereka. Banyaknya pencopet, dan kotornya sarana dan prasarana yang tersedia, dan banyaknya pengemudi angkutan umum yang ugal-ugalan tidak memikirkan pengguna jalan lainnya, membuat masyarakat mulai enggan menggunakan transportasi umum, kehati-hatian yang lebih dibutuhkan jika masyarakat akan menggunakan angkutan umum.

Pemerintah telah membuat alternatif angkuatan perkotaan khususnya Jakarta, seperti Bus Transjakarta, maupun Mono rail. Namun hal tersebut masih belum terealisasikan dengan baik, karena dana maupun ketersediaan lainnya yang kurang. Terlihat banyaknya feeder Busway yang tidak terpakai karena kurangnya armada bus pada jalur yang di tentukan, sehingga feeder-feeder bus itu terbengkalai hingga rusaknya feeder karena tidak terawat maupun pencurian tangan-tangan iseng khususnya pada jalur cililitan-cempaka putih dst.

Saat ini kita hanya bisa menjadi pengguna yang baik agar dapat merawat sarana dan prasarana yang telah tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar